Tugas 1. "Bahasa Indonesia saat ini"  

Posted by Taufan Blog's

Perkembangan Bahasa Indonesia Saat Ini .

Bahasa Indonesia adalah Bahasa Republik Indonesia , seluruh rakyat indonesia bahkan menurut saya Bahasa Indonesia adalah identitas resmi bangsa indonesia .
bahasa indonesia sangat identik dengan peristiwa sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 oktober 1928 sejak peristiwa tersebut lah bahasa indonesia mulai menjamur dan berkembang ,dimulai dari ejaan lama hingga ejaan baru yang kita gunakan saat ini.

Sampai saat ini bahasa indonesia memang hanya ada satu , tetapi sesungguhnya bahasa indonesia banyak sekali jumlahnya , karena dari sabang sampai merauke hampir setiap suku di negara kita ini mempunyai bahasa daerah / sukunya sendiri dan memiliki tingkatan dalam penggunaanya baik , kasar atau halus.
tapi saat ini bahasa indonesia sudah tidak mempunyai arah yang jelas dalam perkembanganya , itu disebabkan perubahan zaman . saat ini banyak bahasa yang timbul akibat pergaulan , televisi,radio dan era globalisasi . yang dapat merusak bahasa indonesia itu sendiri . kita dapat menikmati bahasa indonesia yang benar benar baku atau formal  pada pidato presiden atau semacamnya , tetapi dalam kehidupan sehari hari hal itu sudah sangat jarang. bahkan pelajaran saja ,bahasa indonesia sudah agak tidak diutamakan . padahal menurut saya bahasa indonesia adalah warisan yang harus sangat dijaga oleh kita , baik dalam keaslianya ataupun penggunaanya. melihat kebbobrokan moral bangsa saat ini , mungkin salah satu penyebab menurunya kecintaan rakyat terhadap bangsa indonesia adalah bobroknya moral bangsa ,mulai dari korupsi merajalela ,nepotisme ,politik yang tidak sehat . jadi mungkin bisa dikatakan bahwa bahasa indonesia juga terpengaruh oleh pemerintahan saat ini .

Tetapi kita sebagai bangsa indonesia , patut menjaga dan melestarikan bahasa warisan para leluhur pendiri bangsa ini.sudah banyak kasus negara lain yang meng-claim beberapa budaya yang dimiliki bangsa ini , haruskah bangsa ini juga kehilangan bahasanya? , marilah kita sebagai bangsa indonesia menjaga dan terus menggunakan dengan baik dan benar bahasa kebanggaan bangsa kita ini . 

This entry was posted on Rabu, 26 September 2012 at 06.35 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar