Tugas Teorum 1.  

Posted by Taufan Blog's

1. Pendahuluan

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.

2. ISI

Sistem Perekonomian Indonesia .
Dalam Sistem Perekonomian dibagi menjadi 2 yaitu perekonomian terencana dan perekonomian Pasar , perekonomian pasar bergantung pada dua aspek besar yaitu kapitalisme dan liberalisme , dimana produsen dan konsumen bebas emnjual dan membeli barang . sedangkan sistem perekonomian terencana berbentuk dua , yaitu komunisme dan sosialisme .
sistem perekonomian indonesia bisa dikatakan tidak mengacu pada sistem perekonomian diatas , karena indonesia negara yang beragam maka indonesia mempunyai atau membuat sistem perekonomianya sendiri . para tetua negara kita yang membangun negeri ini dari nol membuat sendiri sistem perekonomian indonesia sejak berdirinya negara kesatuan republik indonesia ini .
Pancasila adalah jawaban dari permasalahan sistem perekonomian ini. pancasial dirancang untuk menampung semua jenis komponen bangsa ini , sistem perekonomian kita pun terinspirasi dari dasar negara kita ini. dalam menjalankan sistem perekonomian indonesia harus berlandaskan nilai ketuhanan yang maha esa.
selain itu dalam berjalanya roda perekonomian idonesia haruslah berlaku adil dan sesuai dengan nilai nilai kemanusiaan , oleh karena itu segala bentuk penipuan dan ketidak adilan sangat dilarang .
perekonomian dijalankan juga untuk menguatkan persatuan bangsa , apabila perekonomian mengancam persatuan bangsa sangat beresiko untuk masa depan bangsa jangka panjangnya .
segala bentuk pertikaian sangatlah dihindari dalam menjalankan perekonomian ini , dan hasrus diselesaikan dengan cara musyawarah , yang pada akhirnya tujuan yang ingin dicapainya adalah keadilan sosial bagi seluruh anggota masyarakat negara indonesia ini.

3 Penutup.

ya seperti itulah sistem perekonomian negara indonesia yang sangat kita cintai ini menurut saya . sangat logis untuk berlandaskan pancasila . semoga negara indonesia semakin berjaya dari segi sistem perekonomian agar menjadi negara maju . hidup ekonomi pancasila !.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian
http://www.anneahira.com/sistem-perekonomian-di-indonesia.htm

This entry was posted on Rabu, 14 Maret 2012 at 06.05 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar