Tulisan Teori org. umum 5.  

Posted by Taufan Blog's

Mengenal HTML
Hypertext Markup Language , ya itulah kepanjangan dari HTMl , bahasa pemrograman berbasis web yang masih digunakan hingga kini. HTML termasuk bahasa pemrograman yang bebas, artinya tidak dimiliki siapapun dan semua orang dapat mengembangkan bahasa pemrograman ini.
sebuah dokumen HTML adalah dokumen teks yang dapat di edit oleh editor teks apapun , dokumen html sendiri berisi tag tag yang dimulai dengan simbol < dan diakhiri dengan simbol >.
dasar dokumen html mencakup petunjuk untuk memformat dalam bahasa yang disebut cascading style sheets(CSS) dan perogram untuk interaksi dalam bahasa yang disebut JavaScript.halaman webyang anda lihat ketika browsing diinternet selalu ditulis menggunakan bahasa HTML . tak peduli halaman web tersebut dinuat menggunakan berbagai bahasa , php , jsp , aspx atau cold fusion , hasil akhirnyatetap saja akan ditampilkan menggunakan html murni .
atruktur dasar bahas HTML dimulai dengan tag awal , yang diikuti dengan isi elemen dan tag akhir.tag berakhir termasuk simbol / diikuti oleh tipe elemen, misalnya .
aebuah elemen html dapat bersarang di dalam elemen lainya . sebuah dokumen html standar terlihat seperti ini :


ini judul dokumen


teks ini adalah teks yang muncul di body dari dokumen


anda bisa mengetikkan semua teks html diatas, pada aplikasi yang tersedia pada windows yaitu notepad, lalu menyimpanya dengan format .html . setelah itu anda dapat membukanya lewat browser browser seperti mozilla atau Internet Explorer. dan lihat hasilnya .
untuk mengetahui kode html sebuah web , anda bisa melakukan 3 langkah berikut :
1 . buka sebuah website menggunakan browser .
2 . klik view > page source
3 . maka kode kode html yang digunakan dalam web tersebut akan terlihat
HTML terus berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern akan aplikasi web yang makin canggih . jika sebelumnya HTML diawal sejarah WWW sangat sederhana , kebutuhan masyarakat akan aplikasi web modern membuat html terus berkembang.
HTML 5 adalah versi terakhir dari HTML yang membawa beberapa fitur baru untuk Web 2.0.

This entry was posted on Sabtu, 10 Maret 2012 at 19.25 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar