Tulisan Teori org. umum 2.  

Posted by Taufan Blog's

KA'BAH

yang terbesit saat mendengar kata "Ka'Bah" adalah kiblat , ya kabah adalah kiblat bagi umat islam pada saat menjalankan segala hal saat beribadah terutama Salat.
bangunan berbentuk segi empat ini adalah monumen suci bagi umat islam .
pada awalnya kabah didirikan oleh Adam dan kemudian anak Adam , syist melanjutkanya .namun pada saat banjir nabi Nuh AS , kabah ikut hancur dan ALLAH SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk mendirikanya kembali di lokasi yang sama . tercatat 1500 SM adalah merupakan tahun pertama ka;bah kembali didirikan . berdua dengan putranya yang taat ,Ismail , Ibrahim membangun ka'bah dari bebatuan bukit hira,qubays dan tempat tempat lainya . bangunan mereka akhirnya jadi dengan tinggi 30-31 hasta dan lebar 20 hasta bangunan tanpa atap dengan dua pintu , celah disalah satu sisi bangunan diiisi dengan batu hitam istimewa (Hajar Aswad) yang diberikan oleh malaikat jibril hingga saat ini jutaan umat muslim didunia mencium batu ini ketika berhaji , sebuah lelaku yang dicontohkan Rasullullah SAW .
seiring zaman , kabah sering di renovasi , entah karena musibah banjir atau karena bangunanya yang sudah tidak kokoh , rasullulklah pun pernah ikut merenovasi kabah ,hingga terjadi perselisihan kaum kaum quraisy pada saat pembangunan , yaitu siapakah yang panatas untuk memasukan hajar aswad yang beujung atas kehendak rasullullah saw untuk memasukannya secara bersamaan dengan kain putih , setiap kaum memegang ujung kain putih tersebut dan memasukanya secara bersamaan .
Wajah Modern masjidil haram dimulai pada pada saat renivasi tahun 1570 pada saat itu tiang kabah sudah menjadi marmer yang diganti pada tahun 692 . pada masa kepemimpinan sultan selim . pada penyatuan negara arab tahun 1932 negara ini didaulat menjadi pelindung tempat suci dan Raja Abdul Aziz adalah raja pertama yang menyandang gelar penjaga dua masjid suci , yaitu masjidil haram dan masjid nabawi.
dan saat ini Ka'bah merupakan tempat dimana semua umat islam didunia ingin mengunjunginya , dan bersujud didekatnya . konon kata umat muslim yang telah mengunjunginya kabah mempunyai magnet yang kuat dalam artian , apabila kita telah mngunjunginya kita akan merasa terpanggil lagi dan lagi ingin mengunjunginya . dan saya ingin mencobanya, tak hanya materil persiapan non materilpun diperlukan untuk mengunjungi masjidil haram rumah allah yang sangat dimuliakan itu. dan setiap tahunya ada jutaan umat muslim yang datang mngunjunginya agar dapat menjalankan rukun islam yang ke 5 itu .

http://www.fimadani.com/inilah-sejarah-kabah-dari-masa-ke-masa/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kakbah

This entry was posted on Jumat, 02 Maret 2012 at 18.36 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar