Tugas Teorum 3.  

Posted by Taufan Blog's

PERILAKU KONSUMEN .

1 . Pendahuluan.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

2 . ISI .

Analisis tentang berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. ya, pemasar wajib memahami konsumen , seperti apa yang dibutuhkan ,apa seleranya dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.
Alasan Mempelajari Perilaku konsumen adalah :

1 . analisis ini akan membantu para manajer untuk :
- mendesaian bauran pemasaran
- mensegen pasar bisnis
- memposisikan dan mendifensiasikan produk
- melaksanakan analisis lingkungan
- mengembangkan studi riset pasar

2. perilaku konsumen harus memainkan peranan yang penting dalam pengembangan kebijakan publik.

3. studi terhadap hal ini akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif.

4. analisis konsumen memberikan pengetahuan secara menyeluruh tentang perilaku manusia.

5. studi perilaku konsumen juga memberikan 3 jenis informasi.
- orientasi konsumen
- fakta fakta perilaku manusia
- teoriteori yang menjadi pedoman tentang proses pemikiran manusia.

terkait dengan perilaku konsumen maka terkait pula dengan prinsip 5W+1H :
- Why = mengapa mendapatkan barang/jasa tersebut ?
- What = brupa apa barang/jasa tersebut ?
- Who = siapa yang mendapatkan barang/jasa tersebut ?
- When = kapan mendapatkan barang/jasa tersebut ?
- Where = Dimana bisa mendapatkan barang/jasa tersebut ?
- How = bagaimana barang/jasa tersebut didapatkan ?

Berikut permupamaanya : jeki mahasiswa universitas terkenal dijakarta (who) ingin membeli(how) samsung galaxy S II (what) ia ingin membelinya karena hp teman temanya canggih semua (why).
ia berencana membelinya hari selasa setelah mendapatkan uang arisan (when),dipusat perdagangan elektronik dekat kampusnya (Where) .
mempelajari 5W+H1 ini merupakan inti dari perilaku konsumen .

3 . Penutup.

Adapun 5 faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian :

1. Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut
3. Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4. Integrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan.Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.

jadi menurut saya mempelajari Perilaku konsumen faktor yang cukup penting untuk menguasai ilmu perdagangan .

http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://www.anneahira.com/artikel-umum/perilaku-konsumen.htm

This entry was posted on Jumat, 16 Maret 2012 at 19.45 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar